Minggu, 25 Juli 2010

Kenakalan Anak

| Minggu, 25 Juli 2010 | 0 komentar

Mungkin Bunda yang memiliki anak yang tidak lagi memasuki usia Balita maka apabila ia nakal maka akan sangat menganggu..
baik menganggu Bunda maupun temannya..

Pengalaman ya Bun..
saya pernah PPL di suatu SD masih semi perkotaan..

wuih Bund anaknya Nakal2...

Tapi rata2 dari anak yang nakal itu a/ anak yang pandai secara Intelektual..

saya juga tak tahu mengapa begitu..
bunda ada yang bisa bagi pengalaman barangkali tentang nak semacam ini??

tapi setelah saya telusuri biodata mereka dan orangtua ereka
latar pendidkan dan sosialnya maka itu ada beberapa fakta yang dapat saya ambil

waktu itu saya menyelidiki latar murid kelas 4 Sd namanya Rio..
rio ini menurut laporan banyak guru dan teman2 jika ada guru menjelaskan di kelas ia main sendiri ..
namun aneh ya jika ditanyai tentang materi yang di jelaskania dapat menjawabnya.
dengan alasan itulah maka Rio sering dibiarkan jika ia ribut..

saya sebagai guru baru merasa aneh jika saya berbica ada yang asik main kuku lah, main tas lah atau bahkan mengganggu kawan..

saya melakukan banyak inovasi pada Rio.

tentunya tidak sertamerta..
selama 3 bulan saya mendekatinya..

usut punya usut rupanya rio brasal dari keluarga yng tidak mampu

kesehariannya dihabiskan di rumah mengurus adik2nya..

ibunya semenjak subuh sudah berjualan sayur di pasar.
sedang ayahnya bekerja sebagai buruh Panggul..

jadi menurut saya, apa yang dilakukan Rio itu a/ bentuk ungkapan kebebasan bermain yang tidak diperolehnya selama di rumah. karena ia harus mengurus adiknya jika telah pulang sekolah..

Nah ini meupakan pelajaran bagi kita para Ibu

Jangan salahkan pihak skolah selalu dan jangan selalu menyalahkan anak
karena itu semua pasti ada faktor dari lingkunga sekitar tempat ia tinggal.
apalagi anak pada masa bermain seperti Rio dan anak SD ainnya.
maka iya anaka merasa terkekang..

Bagaimana Bunda??

adakah Share untuk saya mengenai tingkah Rio..

saya tidak menyalahkan siapa2..

itu adalah tanggung jawab bersama..

Orang tua, guru dan tentu saja si anak..

jadi menurut saya
1 jangan terlalu dibbankan pekerjaan rumah pada ank usia sekolah seperti itu

jika ingin memberi tugas yah semampunya saja..
beri iya kesempatan mengeksplorasi bakat dan minatnya ya Bun

2. Tanya apa yang diinginkan Anak

jangan hanya men-judge anak tentang ini tantang itu dsb..
beri ia pilihan

3. Bimbinglah selalu Buah hati kita ya Bun..

4 dan terakhir bekali naka dengan Iman dan taqwa..

salam hangat selalu Bunda

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com