Senin, 26 Juli 2010

Mainan Bayi Cerdas

| Senin, 26 Juli 2010 | 0 komentar

Waduh senag sekali rasanya bila mempunya seorang Bayi
Bayi adalah

0-4 bulan Bermain Mengasah Pancaindera


Tahapan Perkembangan Bayi Usia 0-4 bulan

* 0-1 bulan
- Mulai memilah-milah dan mengenali beberapa rangsang dari luar dirinya.
* 1-2 bulan
- Mengangkat kepala.
- Memberi respons terhadap suara.
- Berkomunikasi melalui tatapan, gerakan tubuh dan tangisan.
- Dapat melihat benda dengan pola hitam-putih
- Dapat mengikuti dan memfokuskan pandangan pada sebuah objek.
* 2-3 bulan
- Mengangkat kepala dan menahannya untuk beberapa saat.
- Mulai tersenyum jika mendengar suara ayah atau ibu.
- Mulai berceloteh, "aahh" atau "ohhh", dan mendekut (coing).
* 3-4 bulan
- Menunjukkan ekspresi dengan tertawa.
- Mengangkat kepala lebih stabil.
- Mengenali muka, bau dan mulai mengenali sosok orang tuanya.
- Mulai tertarik memperhatikan tubuhnya sendiri.

Jenis-jenis Permainan

1. Dansa Yuk Dansa

Usia : 0 bulan - dst
Persiapan : Tape recorder atau CD (Compact Disc) Player
Kaset atau CD musik-musik lembut, klasik atau berirama gembira

Cara Bermain :
Gendong si kecil dengan posisi nyaman. Putar kaset atau CD musik lembut, musik klasik atau musik berirama gembira. Suara musik sebaiknya tidak terlalu keras mengingat perkembangan pendengaran si kecil masih rentan.
Cobalah berdansa dengan sedikit menggoyang-goyang anak dalam pelukan Anda mengikuti irama lagu. Anda dapat turut menyanyi dan berdendang.
Jika sulit mencari kaset atau CD yang sesuai, Anda dapat mengganti dengan mengajaknya berdansa sambil menyanyikan lagu anak-anak yang menarik.

Manfaat :
Selain menyenangkan, berdansa dengan cara ini membantu menenangkan serta memberi rasa aman pada si kecil. Sebuah studi mengungkapkan, kehangatan dan rasa aman adalah salah satu stimulasi yang mencerdaskan. Keanekaragaman lagu yang diperdengarkan sekaligus merangsang kepekaan indera pendengar si kecil. Merasakan gerak langkah Anda ketika ia digendong dan digerak-gerakkan, membantu anak membangun keseimbangan, sekaligus mengasah kepekaan mengenal dan mengikuti ritme. Tatapan Anda pada matanya ketika berdansa meningkatkan perkembangan sosial, emosional, dan kelekatan Anda dengannya.

2. Mainan Gantung Bergerak

Usia : 0-8 bulan
Persiapan :
- Seutas tali kecil sepanjang 50-60 cm untuk menggantung karton berbentuk spiral, gambar atau foto anggota keluarga.
- Kertas karton putih berukuran 19x19 cm yang diberi corak dengan garis hitam menggunakan spidol. Untuk variasi, buatlah garis secara diagonal.
- Karton bentuk lingkaran berdiameter 19 cm yang digunting sedemikian rupa hingga lingkaran menjadi bentuk spiral jika direntang dan digantung.
- Foto ayah, ibu atau saudara lain. Bisa juga sosok ayah, ibu dan kakak dikreasi dari karton berwarna putih dalam bentuk lingkaran kecil yang dilekatkan pada tali yang sebagian menjuntai melalui bagian tengah karton berbentuk spiral.
- Foto anggota keluarga yang digantung bisa diganti benda lain. Misalnya, boneka lembut berukuran kecil dengan warna kontras, atau sekadar karton merah, biru, kuning dalam berbagai bentuk geometris.

Cara bermain :
Karton berbentuk spiral berwarna putih-hitam digantungkan pada bagian atas tempat tidur bayi atau dipegang ayah atau ibu. Mainan gantung ini dapat bergerak-gerak (hanging mobile).
Warna putih-hitam biasanya menarik perhatian bayi baru, dan dapat digunakan untuk melatih bayi memusatkan pandangan untuk membantu perkembangan daya penglihatnya. Untuk bayi usia 2-8 bulan, tentu saja, berbagai variasi dapat dilakukan. Misalnya, menggunakan warna atau bentuk ukuran yang berbeda.
Usahakan benda yang digantung berjarak antara 20-38 cm.
Ajak bayi berkomunikasi dengan memperkenalkan bentuk dan gambar yang dilekatkan pada tali sambil memutar karton berbentuk spiral itu secara perlahan.
Biarkan anak memperhatikan benda-benda berwarna kontras di atasnya dan menggapai benda-benda tersebut. Anda dapat menggerakkan tali sekali-sekali sehingga mainan bergerak-gerak.
Jika bayi Anda tampak lelah atau mulai memalingkan perhatiannya dari benda-benda tersebut, bisa jadi, inilah saat tepat berhenti bermain sejenak. Atau, jika si kecil menunjukkan tanda-tanda mengantuk, Anda perlu melepas tali mainan gantung dan memasang atau memainkannya kembali di kesempatan lain.
Mainan sederhana ini dapat menjadi pengganti mainan bayi gantung yang berputar, yang biasa diletakkan di tempat tidur bayi Anda.

Manfaat :
Benda-benda berwarna kontras, foto atau spiral berwarna hitam-putih yang digantungkan menstimulasi indera penglihat bayi. Permainan ini melatih bayi memfokuskan penglihatannya, yang di bulan pertama masih terbatas kemampuannya. Komunikasi yang Anda lakukan berkenaan dengan benda-benda yang digantungkan bermanfaat menstimulasi kemampuan kognitif anak. Benda yang disebut secara terpisah-pisah dan satu-persatu membuat si kecil secara tidak langsung belajar memfokuskan perhatiannya. Ketika anak berusaha menggapai atau menendang benda-benda tersebut, ia sekaligus belajar melatih koordinasi mata dengan tangan, atau mata dengan kakinya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com